Berdasarkan Cara Pengolahan Data, Ini Perbedaan SNMPTN dengan SBMPTN 2018

Apa Perbedaan SNMPTN dengan SBMPTN 2014
Tentu banyak diantara kita yang bingung mengenai perbedaan seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui SNMPTM dan melalui SBMPTN.

Ada beberapa hal dan teknis cara pengolahan data yang menjadi perbedaan kedua seleksi tersebut yang bisa adik-adik lihat dalam penjelsan di bawah ini.

Seperti dikutip dari website resmi sbmptn.ac.id bahwa berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ditetapkan bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi tanggung jawab Pemerintah, sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab MRPTNI dan/atau Rektor Perguruan Tingi Negeri masing-masing.

Baca juga: Soal Prediksi SBMPTN 2018 Bagian TPA

Salah satu seleksi bentuk lain dari penerimaan mahasiswa baru tersebut adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis.

Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan.

Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Baca juga: Cara Belajar Yang Benar Menjelang Hari H Ujian SBMPTN 2018

Tujuan 
Penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 bertujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

SBMPTN juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah. (sumber : http://sbmptn.ac.id)