Cara Belajar Yang Benar Untuk Persiapan Ujian SBMPTN 2018

Cara Belajar Yang Benar Untuk Persiapan Ujian SBMPTN 2018
Ilustrasi, cara belajar yang salah bikin setres
Bicara mengenai cara belajar yang baik dan benar tidak terlepas dari kebiasaan yang sering dilakukan dalam menangkap pelajaran dan caranya bukan diatur-atur apalagi dipaksa.

Karna kalau cara belajar yang dipaksakan justru akan menimbulkan mood terganggu dan suasana semakin kacau.

Baca juga: Jenis-jenis Soal TPA SBMPTN 2018 Beserta Soalnya

Banyak variasi cara belajar yang biasa dilakukan kebanyakan orang misalnya sambil mendengarkan lagu, sambil makan makanan ringan dan ada juga yang sambil tidur-tiduran. Semua baik-baik saja asalkan apa yang dipelajari dapat dimengerti, dipahami dan dapat diingat. Karna pada dasarnya belajar itu adalah proses menyerap hal baru dari yang tidak tahu mejadi tahu, jadi bagaimanapun caranya semuanya akan menjadi benar kalau tujuannya sudah benar.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
Ada beberapa hal utama yang tidak boleh Anda abaikan dalam sebuah proses belajar yang baik, ini juga berlaku saat Anda dalam persiapan menghadapi ujian SBMPTN 2018 mendatang

Apakah itu?

1. Belajar dengan kata kunci
Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai cara belajar menggunakan kata kunci.
Tapi tidak ada salahnya akan kami jelaskan lagi disini.

LANGKAHNYA_ Buat ringkasan dari setiap soal maupun pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Anda harus tahu "kata kunci" pada setiap soal tersebut
Kemudian menulis kata kunci dan letak materi itu pada bab pelajaran.

Baca juga: Alumni: Berbagi Pengalaman Strategi Sukses SBMPTN 2018

Jadi begini! misalnya, pada soal yang membahas tektonisme pada bidang Pelajaran Geografi, catat kata kuncinya: misal tektonisme pada bab tenaga geologi

Kenapa dibuat seperti itu?
Langkah ini dibuat agar Anda mengetahui seberapa besar peluang dari kata-kata kunci ataupun bab tersebut yang sering masuk pada soal-soal SBMPTN.

Dengan begitu, Anda jadi tahu materi-materi apa saja yang harus difokuskan untuk dipelajari dengan maksimal, kurang maksimal dan tidak maksimal (sekedar).

2. Belajar dalam keadaan santai dan mood yang bagus.
Ini penting, Karna memang belajar itu menggunakan fikiran dan juga perasaan, kalau fikiran kita dipenuhi dengan masalah-masalah, maka besar kemungkinan pelajaran yang masuk tidak terserap secara maksimal.

Solusi!!
Coba untuk rileks dan melupakan masalah Anda pelan-pelan, ambil makanan ringan atau cemilan serta air putih lalu mulai buka pelajaran/soal yang akan Anda bahas.

Baca juga: 7 Tips Cara Memilih Jurusan/Prodi Kuliah, Jangan Sampai Salah Pilih

3. Jangan memaksakan diri untuk belajar dengan keras,
Ingat!! otak manusia juga ada batas nya.
Dipaksa belajar berjam-jam juga tidak akan ada gunanya, justru malah membuat stres saja.

Solusi!!
Coba buat jadwal belajar dan tentukan waktu-waktu beajar terbaik Anda
Konsistenlah untuk menepatinya (belajar dengan teratur) dan tekunkanlah jangan setengah hati (hari ini belajar besok tidak)

Kalau Anda sudah memuat jadwal dan jam belajar yang baik yakinlah pelan-pelan materi pelajaran, jenis-jenis soal akan masuk dalam alam pikiran dan Anda mengingatnya.

FINISHING!!
Belajar itu harus memiliki strateginya sendiri yang datang dari kebiasaan belajar sendiri, belajar juga harus dengan mood yang bagus serta tidak perlu dipaksakan namun belajar itu harus ditekuni dengan sepenuh hati, harus konsisten jangan hari ini belajar besok tidak lagi.