Alumni: Berbagi Pengalaman Strategi Sukses SBMPTN 2018

Strategi Sukses Lolos SBMPTN 2018 Tahap Persiapan Awal Mengikuti SBMPTN
Serius ingin kuliah di kampus negeri ? Sudah tahu belum kalau kuliah di PTN itu gak gampang, apalagi kalau hanya berharap jawaban “turun dari langit”

Tidak heran kalau lebih dari separuh peserta ujian tes SBMPTN setiap tahunnya kalah dengan nilai jauh dari standar yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Baca juga: 7 Tips Cara Memilih Jurusan/Prodi Kuliah, Jangan Sampai Salah Pilih

Lalu bagaimana?
Harusnya jauh hari sebelum ujian berlangsung Anda sudah membuat strategi khusus agar bisa menang ujian SBMPTN tahun 2018 dan kejadian yang sudah dialami oleh abang/kaka kelas tahun lalu (alumni) tidak terjadi lagi pada diri Anda.
Persiapan yang dimaksut di sini bisa berupa mengikuti program les di sekolah, bimbingan khusus di luar sekolah atau bisa juga belajar sendiri melalui buku-buku latihan SBMPTN termasuk juga mengikuti try out yang biasanya diadakan oleh kampus-kampus negeri.

Bagaimana strategi belajarnya?
Strategi ini adalah pengalaman yang saya (alumni) alami sendiri dan saya lakukan demi satu kursi di PTN, dan akhirnya membuahkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

- Buat ringkasan dari setiap soal maupun pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.
Anda harus tahu "kata kunci" pada setiap soal tersebut.
- Kemudian menulis kata kunci dan letak materi itu pada bab pelajaran.

Jadi begini!!
Misalnya, pada soal yang membahas tektonisme pada bidang Pelajaran Geografi, catat kata kuncinya: misal tektonisme pada bab tenaga geologi

Baca juga: Jenis-jenis Soal TPA SBMPTN 2018 Beserta Soalnya

Kenapa dibuat seperti itu?
Langkah ini dibuat agar Anda mengetahui seberapa besar peluang dari kata-kata kunci ataupun bab tersebut yang sering masuk pada soal-soal SBMPTN.

Dengan begitu, Anda jadi tahu materi-materi apa saja yang harus difokuskan untuk dipelajari dengan maksimal, kurang maksimal dan tidak maksimal (sekedar).