Banyak Yang Ingin Kuliah Di PKN STAN tahun 2023, Lihat Berapa Biaya Kuliahnya?

biaya kuliah di stan
Ilustrasi, suasana ujian STAN
Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan program studi Diploma bidang keuangan negara. Seperti sekolah yang statusnya pendidikan tinggi kedinasan, maka biaya kuliah di STAN pun tidak ada alias gratis. Calon mahasiswa baru yang hendak mendaftar kemudian hanya akan di kenakan biaya pendaftaran saja.

Sebagai sebuah politeknik STAN memiliki beberapa jenjang pendidikan yang ditawarkan, yaitu D1, D3 dan D4. Kemudian untuk jurusan atau program studi yang tersedia antara lain Akuntansi, pajak, penilaian/pajak bumi dan bangunan, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, hingga Manajemen Aset. Lokasi pendidikan atau kampus pusat PKN STAN berada di Jakarta, tepatnya dikawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Baca juga: Contoh Soal Cerita TPA STAN 2023

Selain berada di Jakarta, PKN STAN juga memiliki lokasi pendidikan lainnya yang tersebar di sejumlah kota seperti Jakarta Timur, Medan, Palembang, Sleman, Malang, Bali, Balikpapan, Makassar, Cimahi, hingga Manado. Namun mulai tahun 2017 lalu  seluruh kegiatan pendidikan PKN STAN akan dipusatkan di kampus Bintaro.

Adapun persyaratan masuk PKN STAN pada dasarnya dari tahun lalu masih tetap sama, belum berubah. Antara lain memiliki nilai yang mencukupi, bebas dari narkoba, umur tidak lebih dari 20 tahun (saat mendaftar), belum menikah dan diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar rp 250 ribu. Selanjutnya para peserta diminta untuk memasukkan atau menggunakan nomor induk kependudukan (nik) KTP elektronik dan nik kartu keluarga.

Baca juga: Soal Prediksi TPA STAN 2018 Lengkap Dengan Jawaban

“Kalau tidak cocok antara keduanya, otomatis akan ditolak,” ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja, seperti dilansir Kabar24.

Terkait biaya kuliah di PKN STAN, selama pendidikan 3 tahun mahasiswa tidak dikenakan biaya alias gratis, namun mulai tahun 2013 mahasiswa STAN sudah tidak lagi mendapatkan uang saku dan tidak lagi ditempatkan di asrama. Sehingga peserta yang ingin kuliah di STAN hanya perlu menyiapkan dana biaya hidup dan tempat tinggal selama kuliah di PKN STAN.