Tes Akademik SMA Untuk Menentukan Jurusan/Minat IPA/IPS atau Bahasa Sekolah Favorit tahun 2023

Contoh Soal Tes Akademik SMA
Setelah diterima atau lulus seleksi di sekolah SMA favorit tahun 2023 anda kemudian harus melakukan proses daftar ulang.
Adapun tahap daftar ulang antara lain:
Adapun proses daftar ulang melalui beberapa tahap, seperti yang dilakukan di salah satu SMA negeri di Deli Serdang (SMA Negeri 1 Lubuk Pakam). 1. Daftar ulang bagi peserta didik yang lulus (Senin-Rabu, 10-12 Juli 2017)
2. Informasi dan pembekalan (Rabu, 12 Juli 2017)
3. Tes Psikologi (Kamis, 13 Juli 2017)
4. Tes Akademik ( Jumat, 14 Juli 2017)
5. Kelengkapan Administrasi yang harus dibawa
6. Mengisi formulir DAPODIKDASMEN yang diambil dari panitia
Setelah selesai melakukan pengisian formulir pendaftaran, maka tibalah saatnya anda akan mengikuti tes psikologi/psikotes dan tes akademik/pengetahuan.

Bagi anda yang ingin tahu contoh soal psikologi/psikotes bisa anda lihat disini (GRATIS) yang sudah kami kemas sedemikian rupa.


Tes Akademik SMA Untuk Menentukan Jurusan

Lantas apa bedanya tes psikologi/psikotes dengan tes Akademik?
Tes psikologi atau psikotes dapat mengukur ketelitian atau iq/keserdasan anda melalui soal-soal yang menjebak, tidak lajim dan tidak biasa dan bahkan jarang ditanyakan.

Dari score yang anda peroleh dapat ditentukan dikelas berapa anda sebenarnya/sepantasnya. Apakah anda layak masuk kelas Unggulan, kelas A, B, C, D dst.

Baca juga: Soal TPA SMA Beserta Jawaban

Sedangkan tes akademik adalah tes kemampuan akademik (IPA/IPS/Bahasa). Tes ini gunanya untuk mengetahui kemampuan pengetahuan ipa/ips atau bahasa anda, sejauh mana pengetahuan anda selama ini belajar di SMP.

Dari score yang anda peroleh nantinya pihak sekolah (panitia seleksi) dapat menentukan jurusan yang cocok/pas untuk anda.

Dari nilai tersebut terpilihlah anda sebagai siswa di jurusan IPA/IPS atau Bahasa. Hasilnya tidak dibuat-buat murni dari kemampuan anda sendiri.

Kalau dulu (Sekitar tahun 2008) sewaktu saya masih SMA penentuan jurusanan dilakukan dikelas 2 SMA. Setelah menjalani proses belajar selama setahun dari nilai raport ditentukan jurusan yang pas untuk kita, namun sekarang beda, penentuan jurusan (Penjurusan/Peminatan) dapat ditentukan sejak pertama masuk sekolah.

Contoh Soal Tes Akademik

Ada banyak soal tes akademik bisa anda lihat di google maupun dibuku-buku soal. Namun kami juga akan memberikan beberapa soal latihan yang bisa anda pakai sebagai bahan latihan.

Soal-soal ini dapat anda download secara GRATIS tanpa berbayar, anda hanya perlu bertekun untuk mengerjakan soal ini karena tiada sukses tanpa kerja keras bukan. 😊

Ini dia soalnya (Sumber: ainamulyana.blogspot.com)
Soal Matematika, Seri II
Bahasa Indonesia, Seri II
Bahasa Inggris, Seri II
Pengetahuan IPS 
Pengetahuan IPA I, Seri II 

Apakah Tes Akademik Penting

Penting tidaknya tes akademik itu tergantung diri masing-masing, tetapi bagi kami tes ini sangat penting, buktinya anda datang kemari untuk mencari-cari informasi dan contoh soal tes akademik. 

Karena jurusan/minat itu adalah passion atau bakat anda. Jika memang anda suka dengan pelajar IPA maka baiknya anda perdalamlah ilmu pendukungnya seperti Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika. Sedangkan jika anda suka IPS perdalamlah juga ilmu pendukungnya seperti Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan Sejarah.

Anda yang lemah dalam berhitung matematika, jangan paksakan harus masuk IPA, karena anda akan kesulitan dalam menangkap pelajarannya (Curhat). Ini yang dinamakan salah jurusan.

Kesimpulan

Ikutilah tes akademik seperti mengikuti tes biasanya. tidak perlu khawatir atau takut, jalani saja. Kemampuan anda selama ini menentukan jurusan yang bakal anda pilih saat ini dari perolehan nilai tes anda nanti.

Kalau ternyata hasil tes/ujian anda masuk IPS ya mungkin memang disitulah kemampuan yang anda miliki, namun jika ingin merubahnya (mungkin bisa) coba pikirkan lebih matang lagi.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel singkat mengenai Tes Akademik SMA Untuk Menentukan Jurusan/Minat IPA/IPS atau Bahasa dapat bermanfaat untuk anda khususnya bagi anda yang sedang mencari informasi dan contoh soal tes akademik SMA untuk menentukan penjurusan/peminatan di SMA favorit.