Cari Tahu Apa Kelebihan Kuliah di STAN Dibandingkan Kuliah di PTN atau PTS

 Kelebihan Kuliah di STAN
Pengen kuliah di STAN??
Banyak yang pengen kuliah di STAN (sekarang sudah berubah menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN) karena berbagai kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh kampus ini makanya mereka rela mengikuti berbagai tes baik tes akademik maupun tes kesehatan yang diselenggarakan oleh panitia seleksi agar bisa kuliah di STAN.

Baca juga: Soal Prediksi TPA STAN 2018 Lengkap Dengan Jawaban

Apa saja kelebihan kuliah di STAN??
1. Biaya kuliah gratis (SPP, Biaya SKS, Praktikum, Biaya ujian)
Kalau dibandingkan kuliah di PTN atau di PTS yang banyak menerap biaya-biaya administrasi perkuliahan maka di STAN Anda akan digratiskan dengan "berbagai biaya perkuliahan" seperti biaya SPP, biaya SKS, praktikum, dan juga biaya ujian. Jadi bisa meringankan beban orang tua kita bukan?

2. Setelah lulus akan langsung ditempatkan sebagai PNS di Depkeu
Sudah uang kuliah gratis setelah lulus langsung dilamar kerja tempatnya enak lagi _^
Jarang kita dengar ada lulusan dari STAN yang menjadi pengangguran, karena setelah lulus dari perkuliahan maka alumni-alumni STAN akan langsung ditempatkan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Departemen Keuangan (Depkeu) sesuai dengan jurusan masing-masing.

Misalnya yang dari Spesifikasi Pajak ya ke Direktoral Jendral Pajak, tetapi yang dari Spesifikasi Akuntansi bisa ke semua direktorat meskipun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi contohnya Standar IP dan juga kebutuhan dari direktorat masing-masing. 

Ada yang bilang STAN sudah tidak ikatan dinas?
Benar, karna ikatan dinas murni waktu masih kuliah sudah dapat gaji. STAN dulu ikatan dinas murni, tetapi sekarang ikatan dinas kalau sudah tingkat III.

Kalau sudah tingkat III STAN, maka mahasiswa sudah dapat uang pengikat (uang saku) ya walaupun tidak seberapa besarnya tetapi ini menjadi tanda ikatan si mahasiswa (STAN) dengan Depkeu.
Kalau tidak lulus tingkat III?
Ya masih bisa mengulang satu kesempatan lagi sampai lulus tingkat III

Lalu ada yang bilang sekarang ini kuliah di STAN tidak ditempatkan lagi di Depkeu?

Tidak benar, kenapa?
Logikanya mana mungkin negara yang sudah mengeluarkan biaya besar untuk biaya kuliah sampai pintar lalu membiarkan begitu saja setelah lulus kerja di swasta.
Jadi jangan percaya dengan hoaks yang saat ini banyak beredar di luar sana.

3. Sarana dan prasarana kuliah yang memadai
Cari Tahu Apa Kelebihan Kuliah di STAN Dibandingkan Kuliah di PTN atau PTS
Kampus STAN berdiri di lahan yang cukup luas, Ada sebanyak 6 gedung untuk kegiatan perkuliahan, dengan 12 gedung administrasi dan 1 gedung olahraga serbaguna. Ada 93 ruang kuliah dengan kapasitas rata-rata 40 orang yang sudah dilengkapi dengan AC per ruangan.

4. Beban perkuliahan yang tidak berat
5. Mendapatkan Uang saku (masih dalam proses)
6. Buku-buku literatur disediakan (dipinjami)
7. Standar kurikulum sudah tinggi (Akuntansi STAN sebanding dengan Akuntansi UI)

Nah itu dia kelebihan kuliah di STAn bila dibandingkan dengan kampus-kampus lain baik itu PTN maupun PTS, namun memang untuk bisa lulus dalam seleksi STAN Anda harus mempersiapkan segalanya salah satunya adalah belajar dengan sunggung-sungguh dan konsisten.