Persyaratan dan Ketentuan Umum Pendaftaran SBMPTN 2016

Pada artikel SBMPTN kami sebelumnya sudah membahas mengenai materi ujian SBMPTN SOSHUM, SAINTEK dan IPC. Maka pada kesempatan ini kembali kami akan berbagi informasi terbaru mengenai persyaratan dan ketentuan umum pendaftaran SBMPTN 2016.
Setelah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) berakhir maka siswa/siswi SMA sederajat yang dinyatakan tidak lulus masih bisa mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang juga bisa diikuti oleh alumni SMA sederajat 2 tahun sebelumnya.

Banyak yang merasa kalau kuota SBMPTN masih sangat kurang. Walaupun begitu ujian SBMPTN merupakan salah satu ujian seleksi untuk bisa kuliah di universitas negeri favorit impian.

Sebelum Anda memulai proses pendaftaran SBMPTN 2016 yang beralamat SBMPTN.or.id maka seharusnya Anda melengkapi segala persyaratan dan ketentuan umum yang telah ditetapkan oleh panitia pendaftran SBMPTN 2016 tersebut.

Persyaratan dan ketentuan umum pendaftaran SBMPTN tahun 2016 tidak jauh berbeda dengan persyaratan tahun-tahun sebelumnya. Hal yang terpenting calon peserta sudah dinyatakan lulus ujian nasional yang dibuktikan dengan surat tanda kelulusan siswa maupun ijazah (untuk lulusan alumni)

Pendaftaran
    
Pendaftaran seleksi SBMPTN hanya bisa dilakukan secara online di website resmi panitia seleksi pada halaman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Sedangkan tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis maupun keterampilan dapat di unduh di halaman yang berbeda yaitu http://download.sbmptn.ac.id dan akan dimulai dari tanggal 18 April 2016

Adapun jadwal pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) akan mulai dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. 

Disarankan agar jangan terlambat atau mendaftar satu hari sebelum jadwal pendaftaran berakhir karena biasanya di tanggal terakhir (dihari-hari terakhir pendaftaran) akan banyak sekali yang baru mulai mendaftar hal ini dapat menimbulkan server website menjadi mati atau error akibat banyak yang membuka halaman tersebut secara bersama-sama

Ketentuan Umum dan Persyaratan

Ketentuan Umum :
SBMPTN merupakan seleksi untuk masuk ke universitas negeri yang diadakan oleh PTN secara bersama-sama berada dibawah kendali dan koordinasi Panitia Pusat dengan menggunakan media seleksi berupa ujian tulis (PBT) maupun berbentuk ujian online menggunakan komputer (CBT) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan untuk jurusan tertentu.

Persyaratan :
A. Pendaftaran :
* Bagi alumni siswa SMA sederajat lulusan tahun 2014 dan 2015 harus telah memiliki ijazah

Sedangkan bagi siswa lulusan tahun 2016 yang belum memiliki ijazah harus memiliki dan membawa Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah. Sekurang-kurangnya memuat keterangan kelulusan, jati diri dan foto terbaru calon mahasiswa dan telah dibubuhi cap yang sah
           
* Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang memadai sehingga tidak mengganggu proses kelancaran pembelajaran di progam studinya (prodi).
      
B. Penerimaan :
Telah lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2016, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.