Materi Ujian SBMPTN 2018 Soshum, Saintek, dan IPC

Materi Ujian SBMPTN 2018 Soshum, Saintek, dan IPC
Ilustrasi, Suasana Ujian SBMPTN
Jakarta : Memasuki awal tahun 2018 pelajar kelas XII akan disibukkan dengan berbagai persiapan ujian seperti Ujian Nasional (UN) dan juga bagi yang ingin melanjut ke jenjang pendidikan lebih tinggi (negeri) harus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri terbagi menjadi dua, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca juga: Jenis-jenis Soal TPA SBMPTN 2018 Beserta Soalnya

Namun pada kesempatan ini kami hanya membahas mengenai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Yang mana jenis ujian ini bisa juga diikuti oleh alumni SMA sederajat lulusan tahun 2016 dan 2017.

Adapun kelompok pilihan (jurusan) di Seleksi SBMPTN 2018 terbagi menjadi tiga pilihan yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Campuran yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa salah satunya saja.

Kelompok soal ujian yang akan dikerjakan oleh seluruh calon mahasiswa terdiri atas soal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) sesuai dengan pilihan jurusan mereka.

Calon mahasiswa yang memilih pilihan jurusan Saintek pada SBMPTN 2018 maka mereka akan mengerjakan soal-soal TKD yang berhubungan dengan jurusan Saintek (IPA), bagi mereka yang mengambil pilihan jurusan Soshum maka mereka akan mengerjakan soal-soal TKD yang berhubungan debgan jurusan Soshum (IPS)

Sedangkan calon mahasiswa yang mengambil pilihan jurusan campuran maka mereka akan mengerjakan TKD keduanya (Saintek dan Soshum)

Baca juga: Simak Baik-baik, Persyaratan Pendaftaran Penerimaan SBMPTN 2018

Mata pelajaran (materi) ujian dari TKS Saintek terdiri atas Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan materi untuk TKD Soshum terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Selain itu khusus bagi peserta ujian SBMPTN yang mengambil program studi (prodi) seni, olahraga maupun PGSD akan mendapatkan tes tambahan berupa ujian keterampilan

Para peserta yang memilih prodi Seni dan PGSD akan diberi rangkaian tes yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni yang terkait

Namun bagi yang memilih prodi Ilmu keolahragaan akan mengikuti berbagai pemeriksaan kesehatan dan diselingi oleh tes keterampilan motorik seperti lari, lompat berenang dll.

Ada beberapa kampus yang tidak menyelenggarakan ujian keterampilan namun tidak sedikit juga yang mewajibkan ujian keterampilan. Semuanya tergantung dari jurusan (prodi) pilihan peserta tes.

Peserta SBMPTN 2018 dapat mengikuti ujian keterampilan di perguruan tinggi negeri (PTN) terdekat yang memiliki program studi sesuai dengan pilihan mereka.

Baca juga: Sistem Penilaian TPA SBMPTN 2018

Bagi prodi pilihan peserta ujian yang mewajibkan adanya tes keterampilan maka peserta SBMPTN bisa mengikuti ujian keterampilan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terdekat yang juga menyelenggarakan ujian keterampilan sama atau sesuai dengan kampus pilihan mereka.

Peserta ujian seleksi SBMPTN 2018 bisa melihat daftar PTN penyelenggara tes keterampilan disini http://www.sbmptn.ac.id.